Bagaimana Kehidupan di Irkalla, Tempat Alam Orang Mati Babilonia?
Dalam mitologi Babilonia, Irkalla adalah dunia bawah yang tidak dapat kembali lagi. Alam orang mati atau dunia bawah disebut juga Arali, Kur, Kigal, Gizal.
Ada dua tradisi yang menjelaskan bagaimana manusia memasuki alam baka. Menurut salah satu dari mereka, jalan menuju alam baka melewati padang rumput yang dipenuhi setan, melintasi Sungai Khubur, dan kemudian melalui tujuh gerbang yang dijaga ketat.
Versi lain menggambarkan jalan menuju alam baka yang dilintasi dengan perahu menyusuri salah satu sungai di bumi bagian atas dan melintasi apsu (perairan manis di bawah bumi) ke Irkalla, bumi bagian bawah.
Pada awalnya, satu-satunya penguasa Irkalla adalah Ereshkigal (Ratu Agung Bawah), cucu perempuan Enlil dan kakak perempuan Inanna (Ishtar). Penilaian dan hukum Ereshkigal selalu tak terbantahkan. Kemudian dia memerintah dunia bawah dengan suaminya, Nergal, raja kematian yang membawa penyakit, wabah, dan semua kemalangan yang disebabkan oleh panas.
Irkalla adalah tempat tinggal banyak setan, termasuk Lamashtu pemakan anak-anak yang mengerikan, setan angin yang menakutkan dan dewa pelindung Pazuzu, dan setan besar gallas (gallus), yang menyeret manusia ke Irkalla.
Lokasi Irkalla
Berdasarkan berbagai teks, dapat diasumsikan bahwa orang Babilonia menemukan pintu masuk ke dunia bawah tanah, tempat matahari terbenam, di gurun barat. Dewa matahari Babilonia, Shamash turun ke wilayah ini di malam hari dan muncul lagi dari pegunungan di timur, di pagi hari. Dunia bawah terletak bahkan lebih rendah dari Abzu, lautan air tawar di bawah bumi.
Makam Orang Mati Jadi Pintu Masuk Irkalla
Dalam tulisan Babilonia, kuburan adalah pintu masuk ke dunia bawah tanah bagi orang yang dimakamkan di dalamnya. Mitos Babilonia diilhami oleh kepercayaan Sumeria, dan kemudian diulang dan dikembangkan lebih lanjut.
Semua orang, terlepas dari posisi, usia, atau moral mereka, diturunkan setelah kematian ke Irkalla. Itu adalah kehidupan setelah kematian yang sama untuk semua jiwa. Satu-satunya makanan atau minuman adalah debu kering, tetapi anggota keluarga almarhum akan menuangkan persembahan untuk mereka minum.
Dalam The Ark Before Nuh: Decoding the Story of the Flood, Irving Finkel, mengutip deskripsi Irkalla, sebagai tempat yang suram: Dunia bawah digambarkan sebagai tempat yang suram:
“Ke rumah suram, kursi dunia akhirat. Ke rumah yang tidak ditinggalkan siapa pun yang masuk. Ke jalan yang perjalanannya tidak akan kembali. Ke rumah yang para pendatangnya kehilangan cahaya. Di mana debu adalah rezeki mereka dan tanah liat makanan mereka. Mereka tidak melihat cahaya tetapi berdiam dalam kegelapan. Mereka berpakaian seperti burung di sayap untuk pakaian, dan debu telah berkumpul di pintu dan baut.”
Tidak semua pandangan tentang akhirat sama di antara kepercayaan kuno dari budaya lain. Tidak seperti pandangan lain tentang kehidupan setelah kematian, di dunia bawah Sumeria, tidak ada penghakiman akhir dari almarhum dan orang mati tidak dihukum atau diberi penghargaan atas perbuatan mereka dalam hidup. Kualitas keberadaan seseorang di dunia bawah ditentukan oleh kondisi penguburannya.
Sebagai alam gelap bawah tanah, terputus dari kehidupan dan dari Tuhan, Irkalla adalah tujuan akhir bagi semua yang mati. Alam ini mirip dengan Sheol (She'ol) dari Alkitab Ibrani, di mana semua orang mati, baik yang benar maupun yang tidak benar, harus bertemu, terlepas dari pilihan moral dan perbuatan yang dibuat dalam hidup.
Akan tetapi pada saat yang sama, sangat berbeda dari visi kehidupan setelah kematian yang lebih penuh harapan yang kemudian muncul dalam filsafat Platonis, Yudaisme, dan Kristen, dan tidak seperti visi kehidupan setelah kematian Mesir kuno.
Setelah menyeberangi sungai Hubar, almarhum (telanjang atau berpakaian bulu seperti burung) berdiri di depan tujuh tembok kota dan harus melewati tujuh pintu gerbang yang dijaga oleh para penjaga. Di Irkalla, almarhum harus menghadapi Ereshkigal saat ia lahir tanpa pakaian dan perhiasan pribadi. Penguasa akan mengumumkan mereka mati, dan nama mereka akan dicatat pada sebuah tablet oleh seorang juru tulis.
No comments: